Agen Slot, Kita melihat wujud Haki level tinggi ini di Whole Cake Island dan kemudian Wano.

Kenbunshoku Haki bisa dikembangkan hingga penggunanya dapat melihat masa depan, seperti yang dilakukan oleh Katakuri.

Busoshoku Haki bisa dikembangkan hingga penggunanya dapat merusak langsung organ dalam musuh atau bagian internal obyek, melampaui perlindungan luar mereka.

Keapa Rayleigh tidak mengajarkan Haki level tinggi ini dulu? Saya menduga ada beberapa kemungkinan alasan.


Waktunya Kurang?



Luffy dilatih oleh Rayleigh di Rusukaina selama timeskip.

Awalnya Rayleigh menemani dan menggembleng Luffy langsung, namun pada akhirnya Rayleigh meninggalkan Luffy agar Luffy bisa menangani sendiri monster-monster Rusukaina.

Kemungkinan, waktu dua tahun timeskip ini sebenarnya masih kurang bagi Rayleigh untuk mengajari seluruh kemampuan Haki, terutama karena di awal latihan Luffy tidak tahu gimana menggunakan Haki.

Jadi Rayleigh pun hanya bisa mengajarkan Haki dasar untuk Luffy, yang untungnya tetap kuat karena potensi Luffy luar biasa.


Level Haki Selanjutnya Harus Dicapai dengan Pengalaman Bertempur


Di sisi lain, Rayleigh pernah mengatakan kalau Haki akan berkembang dalam pertempuran.

Karenanya Luffy sampai bela-belain duel dengan Katakuri, meski di satu kesempatan Luffy sukses membawa Brulee kabur dari Dunia Cermin, dan Katakuri tertinggal di sana.

Karena itu taktik Rayleigh pun begini: selama timeskip, ia akan sebisanya mengajari dulu Luffy cara menggunakan Haki dasar.

Terus, tergantung Luffy sendiri gimana dia mengembangkan kekuatannya.

Hasilnya gimana?

Luffy mencoba mengembangkan Kenbunshoku Haki saat melawan Katakuri. Kemudian di Wano, Kenbunshoku Luffy terlihat berkembang sekali. Ia dapat dengan mudah mengantisipasi serangan Urashima si pesumo, lalu saat dipaksa bertarung dengan anak buah Queen, ia pun bisa memprediksi semua serangan mereka, membantu dirinya dan juga Kakek Hyo.

Untuk Busoshoku Haki, Kakek Hyo memang masih harus mengajarkan Luffy dasar dari Ryuo (Haki tapi dengan pemahaman Wano), namun sekarang Luffy bahkan bisa melampaui ajaran Hyo dan mampu merusak bagian dalam kekang peledak yang dipasangi ke lehernya dan Hyo.


Rayleigh Sudah Memberi Petunjuk, tapi Belum Diresapi Luffy



Di Whole Cake Island, Luffy sempat flashback soal ajaran Rayleigh dulu. Di sana, terungkap Rayleigh mengajari Luffy soal hal-hal seperti Haki bisa berkembang dalam pertempuran, serta bagaimana cara kerja Kenbunshoku Haki.

Bahkan di Wano pun, Luffy melatih dirinya di arena sumo Queen karena ia menyadari Haki Rayleigh saat menjatuhkan gajah beda dengan yang ia gunakan.

Saya pun menduga walau Rayleigh tidak mengajarkan Haki level tinggi ke Luffy, dia sebenarnya sudah memberi petunjuk kepada Luffy.

Namun petunjuk-petunjuk itu belum dipahami Luffy, dan baru akan ia sadari saat ia dalam kesulitan.

Rayleigh ini toh kadang terasa seperti master kuno dari film kung-fu, di mana ia tidak secara gamblang mengatakan apa yang harus dilakukan muridnya supaya jadi jago.

Share To:

Post A Comment: